17 agustus

Pemerintah Belanda akhirnya mengakui 17 Agustus 1945 sebagai hari kemerdekaan Republik Indonesia. Ini merupakan pengakuan pertama karena negara itu sebelumnya selalu menyebutkan 27 Desember 1949 sebagai tanggal kemerdekaan Indonesia.

Saat memperingati akhir aksi pendudukan Jepang di Den Haag, Senin (15/8), Menteri Luar Negeri Belanda Ben Bot menyatakan bahwa negaranya “secara moral dan politis” menerima tanggal kemerdekaan Indonesia. Ia mengaku akan hadir pada peringatan Hari Kemerdekaan di Jakarta, Rabu (17/8).

“Saya akan menjelaskan kepada masyarakat Indonesia bahwa kehadiran saya harus dilihat sebagai pengakuan moral dan politis pada tanggal itu (17/8),” kata Bot, dalam acara yang dihadiri ribuan orang.

Bot mengakui bahwa penyerahanan kedaulatan dari Belanda kepada Indonesia memakan waktu yang terlalu lama. Tanggal 27 Desember 2949 adalah saat pemerintah Belanda mengakui kalah dalam empat tahun perang kemerdekaan melawan rakyat Indonesia.

Pada 1995, Ratu Beatrix melawat ke Indonesia selama 10 hari. Namun, ia sengaja datang empat hari setelah peringatan Hari Kemerdekaan, yakni 21 Agustus. Isu kemerdekaan Indonesia itu masih sensitif bagi orang-orang Belanda. Buku-buku sejarah Belanda bahkan selalu menyebutkan perang 1945-1949 sebagai “aksi kepolisian”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: